Breaking News
Loading...
Senin, 30 Mei 2011

Tips Hidup Sehat: Apakah Type 1 Diabetes itu?

loading...
loading...
Seperti yang telah anda ketahui bahwa terdapat tiga jenis type diabetes secara umum. Yang pertama adalah type 1 diabetes yang juga dikenal sebagai Juvenile diabetes, kemudian type 2 diabetes dan yang ketiga adalah jenis diabetes yang sering diderita oleh ibu hamil yang lebih dikenal dengan sebutan gestational diabetes.

Namun, dalam pembahasan kali ini hanya difokuskan pada pembahasan mengenai type 1 diabetes mulai dari gejala umum, gejala khusus sampai jenis perawatan yang tepat karena seperti halnya type 2 diabetes, type 1 diabetes ini juga jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dengan perawatan yang intensif serta tepat makanya kemungkinan terburuk dari penyakit type 1 diabetes ini bisa tanggulangi.

Sebagai pengenalan mengenai type 1 diabetes ini beberapa dari anda mungkin bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh seseorang ketika orang tersebut didiagnosa sebagai penderita type 1 diabetes. Secara umum, type 1 diabetes adalah sebuah kondisi tubuh dimana tubuh tidak mampu untuk menghasilkan insulin sendiri sehingga diperlukan injeksi insulin dari luar. Oleh karena itu, seseorang yang menderita type 1 diabetes harus secara rutin menyuntikkan insulin ke tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan insulin dalam tubuh.

Dengan kata lain, jenis type 1 diabetes ini juga sering dikenal dengan istilah insulin-dependent atau ketergantungan terhadap insulin. Mungkin anda bisa bersyukur bahwa sejak tahun 1921 ketika pertama kali insulin ditemukan, penderita type 1 diabetes ini tidak perlu lagi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan insulin dalam tubuh. Namun kemudian bukan berarti hal ini bisa menjadi sesuatu yang biasa. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk mengenali gejala-gejala awal dari type 1 diabetes ini.

Sebenarnya, gejala awal dari type 1 diabetes bisa dibilang berkembang cukup cepat pada tubuh sehingga kebanyakan dokter tidak terlalu sulit untuk mendiagnosa. Tapi perlu juga bagi anda untuk mengetahuinya.

Adapun gejala-gejala umum dari pengidap type 1 diabetes adalah;
  • Gampang dehidrasi. Jika anda sudah mulai merasa gampang kehausan tanpa sebab, perlu anda waspadai bahwa anda sedang mengidap gejala diabetes. Hal ini tentu saja bisa terjadi pada siapa saja, namun tidak ada salahnya jika tanpa sebab anda mulai sering merasa kehausan walalupun anda tahu anda tidak sedang melakukan aktifitas yang terlalu berat.
  • Karena anda gampang dehidrasi, sehingga anda akan terdorong untuk sering minum, dan sebagai akibatnya anda menjadi lebih sering buang air kecil. Mungkin saat tubuh benar-benar dehidrasi, tidak akan diikuti dengan frekuensi buang air kecil yang sering. Sehingga, jika hal tersebut sering terjadi, anda perlu segera memeriksakan diri anda ke dokter.
  • Selain anda merasa gampang haus, anda juga akan sering merasa gampang lapar. Sehingga dengan sendirinya anda akan mengkonsumsi banyak sekali makanan, namun hal tersebut tidak berimbas dengan berat badan anda. Malah sebaliknya berat badan anda akan terus menurun secara bertahap tanpa sebab walaupun makanan yang anda konsumsi bisa dibilang melebihi ukuran rata-rata konsumsi anda setiap harinya.
  • Gejala lainnya adalah anda akan menjadi cepat lelah. Hal ini tentu saja dapat mengganggu aktifitas anda sehari-hari karena anda merasa tidak pernah memiliki cukup tenaga untuk melakukan semua aktifitas yang anda perlu lakukan. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah anda.
  • Gejala lanjutan yang bisa terjadi tentu saja terjadi gangguan pada penglihatan anda. Hal ini disebabkan sebagai efek langsung dari tingginya kadar gula dalam darah anda.
Kelima hal diatas adalah gejala-gejala umum dari type 1 diabetes. Dan gejala tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat bahkan pada tahap awal; sehingga jika anda mengalami beberapa hal diatas sekaligus dan merasa bahwa terjadi perubahan yang cukup signifikan pada diri anda maka ada baiknya anda segera menemui dokter anda. Adapun satu hal penting yang harus anda ketahui mengenai type 1 diabetes ini adalah bahwa jenis diabetes ini sangat umum diderita oleh anak-anak.

Oleh karena itu selain insulin-dependent atau ketergantungan pada insulin, type 1 diabetes juga dikenal sebagai Juvenile diabetes karena kasus type 1 diabetes ini banyak ditemui pada penderita usia anak-anak. Sehingga, sebagai orang tua ada baiknya juga untuk memeriksakan kesehatan anak-anak anda secara teratur karena hal terburuk yang bisa terjadi pada mereka adalah bahwa mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang menderita suatu penyakit karena pengetahuan mereka terhadap penyakit diabetes mellitus tentu saja sangat terbatas oleh karena itu peran orang tua sangat diperlukan disini untuk mencegah jatuhnya korban.

Namun bukan berarti type 1 diabetes tidak bisa diderita oleh orang dewasa. Dengan kata lain kenali gejalanya sejak awal sehingga perawatan intensif bisa diambil untuk menghindari kemungkinan terburuknya. Karena, tingginya kadar gula dalam darah bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, kebutaan hanya salah satu yang terburuk karena menumpuknya cairan pada lensa mata dan masih banyak lagi.

Jadi mulai sekarang tidak ada salahnya bagi anda untuk mengunjungi dokter anda secara teratur hanya untuk memeriksakan kesehatan anda dan keluarga serta mulailah menanamkan pola hidup sehat kepada diri anda, keluarga anda dan terutama pada anak-anak anda.

INFO TAMBAHAN:


Alternatif suplemen lain adalah EKSSTRAK RUMPUT LAUT COKLAT berupa SENYAWA ALGINAT yang didapatkan secara alami dari rumput laut coklat di Indonesia.

Harga suplemen ini RP. 200.000,- untuk 50 kapsul (dalam 1 pack).

Pemesanan produk ini dapat menghubungi HP/Whatsapp ke 085779721597




by Tips Hidup Sehat Admin

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer