Breaking News
Loading...
Minggu, 22 November 2015

Membongkar 10 Mitos Menyesatkan Soal Diabetes

loading...
loading...
Banyak sekali mitos seputar diabetes yang mengakar di masyarakat. Supaya Anda tidak terjebak dalam mitos-mitos yang salah, simak yang berikut ini.

Mitos #1: Diabetes bukan penyakit mematikan
Fakta: Diabetes adalah momok bagi banyak orang karena mengakibatkan kematian di seluruh dunia, seperti penyakit HIV/AIDS. Setiap tujuh detik, satu orang meninggal dunia akibat diabetes. Menurut International Diabetes Federation (IDF), pada 2013, Indonesia menempati peringkat ketujuh dunia dengan 8,5 juta orang mengidap diabetes.

Mitos #2: Diabetes dapat ditularkan
Fakta: Diabetes bukan penyakit menular. Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan genetik dan gaya hidup.

Mitos #3: Diabetes sebagian besar diderita oleh pria
Fakta: Diabetes dapat terjadi pada siapapun baik pria maupun wanita. Saat ini,
angka pengidap diabetes pada kaum muda semakin meningkat dan mengancam.

Mitos #4: Jika badan gemuk atau memiliki berat badan di atas rata-rata indeks massa tubuh 25-29,9 atau  lebih, maka Anda pasti mengidap diabetes tipe 2
Fakta: Kegemukan adalah salah satu faktor risiko, tetapi ada juga faktor lain, seperti faktor keturunan, etnis dan usia. Banyak orang mengesampingkan faktor risiko lain. Pada kenyataannya, sebagian orang gemuk tidak mengidap diabetes tipe 2, dan banyak pengidap diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal atau hanya sedikit gemuk.

Mitos #5: Pengidap diabetes hanya boleh makan makanan khusus diabetes
Fakta: Pola makan sehat pengidap diabetes sama dengan pola makan orang sehat lain. Rendah lemak jenuh, garam dan gula secukupnya, sayur, gandum dan buah-buahan. Makanan khusus diabetes pada umumnya tidak memberi manfaat lebih, dan acap kali biayanya lebih mahal.

Mitos #6: Pengidap diabetes hanya boleh makan sedikit karbohidrat, seperti roti, jagung dan pasta
Fakta: Karbohidrat merupakan bagian dari pola makan sehat. Kuncinya terletak pada porsi, jangan berlebih ataupun kurang. Sesuaikan jumlah karbohidrat dengan kebutuhan tubuh.

Mitos #7: Pengidap diabetes lebih mudah terkena flu atau penyakit lain
Fakta: Pengidap diabetes tidak menjadi lebih mudah sakit. Namun, pengidap tetap dianjurkan mendapat vaksinasi flu. Pengidap diabetes yang sudah terjangkit penyakit apapun membuat diabetes lebih sulit dikendalikan, dan dapat menyebabkan komplikasi lain.

Mitos #8: Buah adalah makanan sehat, jadi tidak masalah, bila dimakan sebanyak-banyaknya
Fakta: Buah merupakanan makanan sehat yang memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral. Namun, buah juga mengandung karbohidrat. Karena itu, konsumsi buah harus disesuaikan dengan pola makan sehat. Konsultasikan dengan ahli gizi mengenai berapa banyak, seberapa sering atau tipe buah apa yang dapat dikonsumsi.

Mitos #9: Ada pengobatan alternatif untuk pengidap diabetes, salah satunya adalah insulin herbal
Fakta: Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal itu. Jangan mudah percaya dengan hal-hal yang belum memiliki kepastian. Dokter tidak akan merekomendasikan hal tersebut sebelum ada bukti ilmiah.

Mitos #10: Pencegahan diabetes sangat mahal
Fakta: Pencegahan diabetes tidak mahal. Justru pencegahan dini dimulai dari diri  Anda sendiri. Sudah terbukti, jikalau Anda dapat memperbaiki lingkungan Anda hidup, mulai dari mengubah pola makan serta meningkatkan aktivitas fisik, maka hal itu dapat mengurangi angka pengidap diabetes. (Beata Anandika)

Sumber Artikel:
Artikel diambil dari readersdigest.co.id

Blog ini berisi semua informasi mengenai tip sehat dan langkah prefentif untuk menjaga kesehatan kita. Semua info terkait diet sehat, tips sehat, hidup sehat, info sehat, pencegahan penyakit, makanan sehat, penyebab penyakit, dan langkah menjaga kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer