Breaking News
Loading...
Minggu, 01 Januari 2012

Tips Hidup Sehat: Terapi Pijat Untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

loading...
loading...
Di lingkungan sangat kompetitif ini hampir setiap orang memiliki aktifitas setiap harinya. Oleh karena itu, ada kemungkinan akan mereasa lebih mudah kelelahan saat sedang bekerja. Untuk mengatasi hal itu, anda disarankan untuk mencari sebuah alternatif yang dapat mengurangi stres anda saat bekerja yaitu terapi Pijat. Memang benar bahwa sebagian besar ahli medis mengatakan, terapi pijat dapat sangat membantu dalam mengobati masalah kesehatan yang berbeda-beda. Termasuk membersihkan bagian dalam tubuh, meningkatkan pola tidur dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, hasil dari terapi pijat adalah memperbaiki sirkulasi tubuh, kejang otot, merileksasikan, serta menyembuhkan rasa nyeri sendi. Pentingnya metode ini digunakan untuk membantu anda membersihkan tubuh dari asam laktat berlebihan.

Ini sebabnya mengapa orang banyak berminat kepada terapi pijat. Dan tentu saja sudah banyak saat ini kita jumapi terapis pijat mulai dari terapi punggung, sakit kepala, bahu dan sakit leher. Kebanyakan dari mereka menyembuhkan masalah kesehatan.

ANDA pasti sudah sering mendengar terapi pijat. Atau, Anda sendiri mungkin telah mencobanya, baik memijat diri sendiri ataupun dengan bantuan terapis. Pijat telah lama diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa menikmati manfaat pijat mulai dari meredakan stres hingga mempercepat waktu pemulihan setelah sakit.

Dengan kehidupan serba sibuk dan tekanan yang harus dihadapi setiap harinya, tentunya Anda perlu cara untuk meredakan stres. Terapi pijat bisa menjadi pilihan Anda.

Berdasarkan studi ilimiah, seperti yang dikutip oleh massageenvy.com, terapi pijat bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi tingkat stres, dan mempersingkat jangka waktu dirawat akibat penyakit tertentu termasuk:
  • Alergi
  • Depresi dan cemas
  • Arthritis
  • Sindrom Carpal Tunnel
  • Asma dan bronkitis
  • Masalah pernapasan
  • Insomnia
  • Cedera saat olahraga
  • Fibromyalgia dan kelelahan kronis

Maih ada banyak lagi manfaat terapi pijat. Berikut adalah beberapa manfaat pijat secara umum:

Meredakan stres

Manajemen stres merupakan kunci utama untuk menjalankan gaya hidup sehat. Dan terapi pijat telah terbukti sebagai salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres. Studi-studi telah menemukan, terapi pijat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sekaligus juga akan meredakan stres. Pijat juga bisa meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan performa fisik dan mental.

Stres reda juga akan membawa manfaat lain seperti:
  • Menurunkan detak jantung
  • Menurunkan tekana darah
  • Merilekskan otot-otot
  • Meningkatkan kadar hormon endorphin, hormon yang membuat pikiran tenang dan nyaman

Relaksasi

Segala kesibukan kita bisa menegangkan fisik dan mental. Karena itu, membiarkan tubuh tenang dan rileks menjadi kebutuhan yang sangat penting. Terapi pijat, bisa membantu kita untuk rileks. Pijat bisa membuat mental kita tenang, serta mendorong lahirnya pikiran-pikiran kreatif.

Selain itu, melalui pijat, kita juga akan lebih menyadari tingkat stres kita sehari-hari. Kenyamanan ini membuat kita sadar bagaimana rasa rileks yang sebenarnya. Dengan begitu, kita akan selalu berusaha menenangkan diri sebelum mengalami stres kronis.

Dengan rileks, Anda akan memperleh manfaat lain speerti:
  • Perbaikan kondisi mental
  • Lebih bisa mengatasi tekanan
  • Sikap yang lebih positif
  • Mendorong kreativitas

Memperlancar fungsi sirkulasi

Dalam jangka panjang, terapi pijat berfungsi untuk memperlancar aliran darah. Tekanan pijat bisa menggerakkan darah melalui area yang tersumbat. Pelepasan ini membuat darah baru mengalir ke dalam. Tekanan dan tarikan pada saat memijat juga bisa melepaskan asam laktat dai otot-otot dan meningkatkan aliran cairan limfe yang membawa sampah-sampah sisa metabolime dari otot-otot dan organ dalam. Hasilnya, tekanan darah akan turun dan fungsi tubuh semakin membaik.

Sirkulasi yang lancara akan:
  • Memperlancar aliran darah
  • memindahkan sampah metabolisme dari otot dan organ dalam
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan fungsi tubuh
  • Menurunkan tekanan darah

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan terapi pijat. Sejumlah studi telah menunjukkan kalau terapi pijat yang dilakukan secara teratur bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, menurunkan kadar hormon stres cortisol, menurunkan sumber-sumber depresi dan kecemasan.

Keuntungan tekanan darah rendah:
  • Tingkat depresi dan kecemasan lebih rendah
  • Hormon stres akan terkontrol
  • Menurunkan risiko serangan jantung, gagal ginjal atau stroke
  • Menghilangkan rasa sakit

Anda ingin menghilangkan rasa sakit dengan cara alami? Terapi pijat merupakan jawabannya. Anda tidak perlu menggunkan obat-obatan pereda rasa sakit. Pijat bisa menyegarkan dan meremajakan pikiran. Selain itu, juga memperbaiki persendian dan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke otot-otot dan jaringan lainnya.

Pijat bisa mengatasi migrain dan sakit kepala akibat ketegangan dengan dua cara. Pertama, pijat membantu tubuh mempertahankan relaksasi dalam tahap yang optimal dan menurunkan stres. Cara ini bisa mengurangi frekuensi serangan migrain dan meredakan ketegangan. Kedua, pijat juga bisa meredakan tekanan selama mengalami migrain. Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan melakukan pijatan di daerah leher, kepala, dan bahu.

Mempercepat pemulihan setelah sakit

Pemulihan setelah mengalami cedera bisa menjadi masa-masa yang melelahkan. Terapi pijat bisa berperan penting sebagai suplemen terhadap pengobatan standar. Dengan meningkatkan sirkulasi dan merilekskan otot-otot, pijat membantu tubuh memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ-organ vital. Hal ini akan membuat area yang cidera lebih fleksibel dan mempercepat proses pemulihan.

@ Diracik dari beberapa sumber

ALAT TERAPI PIJAT LAIN DAPAT DILIHAT DI LINK BERIKUT:

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer