Breaking News
Loading...
Selasa, 11 September 2018

Tujuh Jurus Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan buat yang Doyan Makan

loading...
loading...
KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengurangi porsi makan atau membatasi waktu makan, misalnya dengan tidak sarapan atau melewatkan makan malam. Padahal, ada tipe orang yang memang doyan makan. Untuk orang-orang seperti ini, membatasi makanan adalah hal yang menyiksa dan menjadi sulit untuk dilakukan.

Bila Anda termasuk jenis itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar berat badan turun, namun Anda tidak merasa tersiksa karena kelaparan.

1. Makan pakai piring kecil

Makan dengan piring kecil bisa membuat Anda tetap bisa makan makanan yang Anda suka, tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Para peneliti di University of Groningen menemukan bahwa piring yang 70% terlihat penuh, membuat orang merasa cukup makan. Jadi, menggunakan piring kecil bisa membuat seakan-akan piring Anda telah penuh. Padahal jika diletakkan ke piring normal, porsinya lebih sedikit. Ini juga sekaligus bisa memangkas asupan kalori berlebih.

2. Pilih karbohidrat yang mengandung banyak serat

Sembari memenuhi hasrat diri yang selalu ingin makan, ada baiknya mengganti karbohidrat Anda dengan jenis yang lebih berserat seperti beras merah atau gandum utuh (whole wheat). Ganti nasi putih atau roti tawar Anda dengan karbohidrat itu. Makanan yang berbahan dari gandum dan biji-bijian tersebut memiliki kandungan serat yang membuat tubuh Anda kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi cara ampuh untuk menurunkan berat badan.

3. Ganti makanan manis dengan yang lebih sehat

Mengurangi gula adalah salah satu aturan yang wajib diterapkan sebagai cara menurunkan berat badan. Bagi Anda yang suka dan hobi makan, hal ini mungkin dirasa dan sulit. Tapi tidak usah khawatir, Anda masih bisa makan makanan manis dengan mengganti gula dengan bahan pemanis alami, contohnya pemanis dari daun stevia. Tanaman stevia ini merupakan pemanis alami yang bebas gula serta mengandung nol kalori, cocok untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, daun stevia punya kandungan rasa lebih manis daripada gula, sehingga cocok untuk yang suka makan makanan manis. Baca juga: 10 Hal yang Terjadi Saat Kita Mengurangi Gula

4. Minum dua gelas air sebelum makan

Minum air sebanyak 2 gelas sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang saat makan. Minum air adalah cara lain untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Menurut beberapa penelitian, kebiasaan minum air cukup sebelum makan ini berhasil untuk mengurangi bobot tubuh pada orang gemuk.

5. Perbanyak makanan mengandung protein

Salah satu cara yang satu ini terbilang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan dan membangun massa otot tubuh. Makanan yang mengandung protein seperti daging merah, ayam, susu, dan whey protein, adalah nutrisi penting dalam mempertahankan otot saat Anda sedang mencoba menurunkan lemak, sehingga tidak menyebabkan tubuh kurus dengan lemak berlebih.

Para ahli juga merekomendasikan untuk mengatur waktu makan yaitu setiap 3-4 jam. Hal ini bertujuan untuk menjaga tingkat gula darah Anda tetap stabil dan tubuh tetap sehat.

6. Gerakkan tubuh Anda seaktif mungkin

Biarpun Anda sudah mengurangi kalori, tapi kalau Anda tidak bergerak dan beraktivitas cukup, menurunnya bobot tubuh akan lebih sulit. Maka dari itu, biarkan tubuh Anda bergerak.Anda bisa mencoba dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung di depan komplek, atau memilih naik tangga ke dibanding naik lift ke lantai tempat kantor Anda berada. Jika Anda lebih banyak bergerak, hal itu juga dapat membuat tubuh membakar kalori secara stabil.

7. Jangan lupa untuk tidur cukup

Menurut penelitian dari Columbia University, seseorang yang kurang tidur, atau tidur di bawah 7 jam dalam sehari, lebih sulit menahan keinginan makan. Pasalnya, ketika Anda begadang dan tidak tidur, tubuh bisa memunculkan hasrat lapar dan keinginan untuk ngemil. Selain itu ada banyak studi juga yang menunjukkan saat merasa lelah, tubuh akan lebih menuntut makan. Maka, coba atur dan cukupi kebutuhan istirahat tubuh, agar proses menurunkan berat badan Anda lancar tanpa harus menahan rasa lapar berlebihan.

Sumber Artikel:
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Menurunkan Berat Badan untuk yang Doyan Makan" | Https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/22/063523920/7-cara-menurunkan-berat-badan-untuk-yang-doyan-makan | Penulis : Wisnubrata

Blog ini berisi semua informasi mengenai tip sehat dan langkah prefentif untuk menjaga kesehatan kita. Semua info terkait diet sehat, tips sehat, hidup sehat, info sehat, pencegahan penyakit, makanan sehat, penyebab penyakit, dan langkah menjaga kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer