Breaking News
Loading...
Senin, 09 November 2015

Tips Hidup Sehat: 10 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

loading...
loading...
Dengan mengikuti 10 cara alami menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini Anda akan mengontrol tekanan darah Anda serta secara tidak langsung juga mengurangi risiko penyakit jantung. Jika Anda telah didiagnosa memiliki tekanan darah tinggi, Anda mungkin khawatir tentang pengobatan yang harus Anda lakukan. Namun terlepas dari pengobatan apa pun yang terpenting adalah melakukan perubahan gaya hidup yang sangat berperan penting untuk mengontrol tekanan darah Anda. Jika Anda berhasil mengontrol tekanan darah Anda dengan gaya hidup sehat, Anda mungkin dapat menghindari, menunda atau mengurangi kebutuhan akan obat-obatan.

10 tips menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

PERTAMA
Menurunkan berat badan berlebih. Tekanan darah meningkat seiring dengan meningkatnya berat badan. Kehilangan sekitar 4,5 kilogram dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda. Secara umum, semakin banyak Anda kehilangan berat badan , maka semakin efektif untuk menurunkan darah tinggi Anda. Selain itu Anda juga harus mengawasi lingkar pinggang Anda. Semakin banyak lemak yang menumpuk di sekitar pinggang akan menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk mengidap tekanan darah tinggi.

KEDUA
Berolahraga secara teratur. Setidaknya luangkan waktu antara 30 sampai 60 menit setiap harinya, maka akan menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Dan tidak butuh waktu lama untuk melihat perubahan itu dan lihatlah penurunan tekanan darah Anda selama satu minggu. Jika Anda memiliki prehipertensi olahraga dapat membantu Anda menghindari terkena hipertensi. Jika Anda sudah memiliki hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat membawa tekanan darah Anda turun ke tingkat yang lebih aman. Yang terpenting dari olahraga adalah jangan memfokuskan latihan pada satu atau dua hari saja dengan memaksa tubuh Anda untuk berolahraga ekstra keras. Lebih baik luangkan waktu setiap harinya dan lakukan rutinitas olahraga ringan sampai moderat.

KETIGA
Konsumsi makanan yang sehat. Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi yakni makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Memang tidak mudah untuk merubah pola makan Anda secara ekstrim, oleh karenanya lebih baik lakukan secara perlahan-lahan dengan memasukan 1 atau 2 menu makanan sehat setiap harinya.

KEEMPAT
Kurangi natrium dalam menu makanan Anda. Pengurangan kecil di natrium dalam diet Anda dapat menurunkan tekanan darah 2 sampai 8 mm Hg. Batasi natrium untuk 2.300 miligram (mg) per hari atau kurang.

KELIMA
Batasi jumlah alkohol yang Anda minum.  Alkohol dapat menjadi baik dan buruk untuk kesehatan Anda. Dalam jumlah kecil, berpotensi dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda antara 2 sampai 4 mm Hg. Tapi efek baik tersebut akan hilang jika Anda minum terlalu banyak alkohol. Namun jika Anda tidak pernah minum alkohol, Anda tidak usah mulai minum alkohol sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah Anda, karena akan lebih berbahaya efek negatifnya dibandingkan dengan manfaatnya.

KEENAM
Hindari produk tembakau dan asap rokok. Di atas semua bahaya yang ada dari merokok, nikotin dalam produk tembakau dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 10 mm Hg atau lebih, tepat satu jam setelah Anda merokok. Merokok sepanjang hari berarti membuat tekanan darah Anda kemungkinan terus tinggi. Anda juga harus menghindari asap rokok. Menghirup asap rokok dari orang lain juga menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

KETUJUH
Kurangi kafein. Peran kafein dalam peningkatan tekanan darah memang masih diperdebatkan. Namun banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa minum minuman berkafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah Anda, tetapi tidak jelas apakah efeknya sementara atau bertahan lama. Untuk melihat apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, memeriksa tekanan Anda dalam waktu 30 menit setelag minum secangkir kopi atau minuman berkafein lain. Jika tekanan darah Anda meningkat lima sampai 10 poin, Anda mungkin sensitif terhadap kafein sehingga meningkatkan tekanan darah Anda.

KEDELAPAN
Kurangi stres Anda. Stres atau kecemasan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang menyebabkan Anda merasa stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan atau sakit. Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan stres Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat menghilangkan atau mengurangi stres. Jika Anda tidak dapat menghilangkan semua stres Anda, Anda setidaknya dapat mengatasi mereka dengan cara yang lebih sehat. Luangkan waktu istirahat untuk latihan pernafasan, pijat refelksi, mengambil kelas yoga atau meditasi.

KESEMBILAN
Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman-teman. Keluarga yang mendukung serta teman-teman dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Mereka mungkin mendorong Anda untuk ke dokter atau memulai program olahraga dengan Anda untuk mengontrol tekanan darah Anda. Bicaralah dengan keluarga dan teman-teman tentang bahaya tekanan darah tinggi.

KESEPULUH
Menggunakan herbal. Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang terakhir adalah dengan menggunakan obat darah tinggi herbal alami. Memilih obat herbal juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya pilih produk yang telah terbukti berkhasiat. Atau Anda pernah mendengar suatu produk herbal yang telah digunakan oleh keluarga, teman atau rekan kerja yang terbukti membantu mereka mengatasi penyakit darah tingginya. Serta jangan lupa keamanan dari produk tersebut, lihat apakah sudah terdaftar di Depkes dan Bpom.

Dengan melakukan 10 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi di atas, semoga Anda senantiasa dapat mengontrol tekanan darah Anda dan mendapatkan kesehatan yang lebih prima dari sebelumnya. Dan jangan pernah untuk menganggap remeh penyakit darah tinggi karena bisa saja menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya.

Referensi : www.mayoclinic.org - sumber: grosiramazonplus.com

Blog ini berisi semua informasi mengenai tip sehat dan langkah prefentif untuk menjaga kesehatan kita. Semua info terkait diet sehat, tips sehat, hidup sehat, info sehat, pencegahan penyakit, makanan sehat, penyebab penyakit, dan langkah menjaga kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer