Breaking News
Loading...
Senin, 09 November 2015

Tips Hidup Sehat: Delapan Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

loading...
loading...
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit ini, sebaiknya Anda menghindari makanan yang bisa menghalangi kemampuan Anda untuk menurunkan tekanan darah Anda. Serta menghindari makanan penyebab darah tinggi yang bertujuan untuk meringankan gejala ataupun untuk menjaga tekanan darah agar senantiasa normal.

1. Garam dan sodium ( natrium ) adalah hal yang jahat ketika dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi atau prehipertensi harus membatasi asupan sodium sekitar 1.500 mg perhari.

2. Pizza. Semua pizza bisa berdampak buruk bagi mereka yang harys menjaga asupan sodium mereka. Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan roti di dalamnya membuat pizza kaya akan sodium. Tapi pizza beku sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Untuk menjaga rasa dalam pizza setelah dimasak, produsen sering menambahkan banyak garam. Semakin tebal kerak dan semakin banyak topping pada pizza, semakin tinggi angka sodium yang terkandung di dalamnya.

3. Makanan kaleng, walaupun merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah dimasak, namun mengandung kadar sodium yang sangat tinggi. Sebaiknya cermati label pada makanan kaleng dan cari yang rendah kandungan sodium atau natrium nya.

4. Gula. Anda mungkin sudah tahu bahwa asupan gula yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan kasus berat badan dan obesitas. Tapi apakah Anda tahu bahwa asupan gula tinggi juga terkait dengan tekanan darah tinggi? Terutama pada minuman dengan pemanis buatan, memberikan kontribusi terhadap obesitas pada segala usia. Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Lemak jenuh dan trans. Contoh makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh adalah: kulit ayam, susu full cream, daging merah ( sapi dan kambing), dan mentega. Sedangkan lemak trans diciptakan dalam proses yang disebut hidrogenasi. Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil pada daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang terbesar dari lemak trans berasal dari makanan yang diolah menggunakan minyak goreng terhidrogenasi. Menurut CDC, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda. LDL tinggi dapat memperburuk hipertensi Anda, dan akhirnya dapat menyebabkan berkembangnya penyakit jantung koroner. Jadi sebaiknya Anda harus mengingat lemak jenuh dan trans merupakan salah satu makanan penyebab darah tinggi yang harus Anda hindari.

6. Kopi. Jika Anda memiliki darah tinggi atau prehipertensi, sekarang mungkin waktunya untuk mengurangi kebiasaan minum kopi. karena dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah. Bahkan, setiap minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi.

7. Alkohol. Ketika datang memiliki tekanan darah tinggi, alkohol adalah pedang bermata dua. Artinya bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit justru dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tapi ketika kita terlalu banyak minum alkohol maka akan meningkatkan tekanan darah, bahkan untuk orang yang hanya minum sesekali. Menurut Mayo Clinic mengkonsumsi 2-3 gelas alkohol sesekali dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara waktu, dan ketika minum 2-3 gelas alkohol secara berulang atau rutin maka akan menyebabkan masalah tekanan darah tinggi untuk jangka panjang. Selain itu alkohol juga dapat membuat obat tekanan darah yang kita minum menjadi kurang efektif. Alkohol juga tinggi akan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi.

8. Acar, karena di buat dengan campuran cuka, gula dan garam sehingga tinggi kadar sodiumnya, jadi sebaiknya juga harus tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau prehipertensi, penelitian telah menunjukkan bahwa Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda dengan makan makanan yang sehat. Diet sehat menekankan protein, biji-bijian, susu rendah lemak, dan buah-buahan dan sayuran. Dengan strategi untuk menerapkan makanan penurun darah tinggi maka dapat membantu Anda untuk mencegah lonjakan tekanan darah dan mungkin bahkan mengurangi tekanan darah Anda.

Dan jangan lupa untuk mengurangi bahkan menghindari jenis makanan penyebab darah tinggi yang diuraikan di atas. Dan yang terpenting untuk diingat adalah penderita darah tinggi bukan harus mengurangi porsi makan, namun lebih di tekankan pada memilih makanan yang sehat bagi tubuh.

Sumber : grosiramazonplus.com

Blog ini berisi semua informasi mengenai tip sehat dan langkah prefentif untuk menjaga kesehatan kita. Semua info terkait diet sehat, tips sehat, hidup sehat, info sehat, pencegahan penyakit, makanan sehat, penyebab penyakit, dan langkah menjaga kesehatan

0 comments:

Posting Komentar

ET Group memproduksi test kit mutu pangan bermerk Easy Test antara lain Test Kit Formalin, Test Kit Boraks, Test Kit Methanil Yellow, Test Kit Rhodamine B, Test Kit Mutu Pangan 4 Varian, Test Kit Formalin Paket Industri, TEST KIT MUTU PANGAN 4 VARIAN (PAKET INDUSTRI), Test Kit Sianida, Test Kit Peroksida, Test Kit Hipoklorit (Kaporit), Test Kit Siklamat, Test Kit Sakarin, Test Kit Asam Salisilat, Test Kit Alkalinitas (Alkalinity), Test Kit Asam Sorbat, Test Kit Benzoat, Test Kit Oksalat (Oxalate), Test Kit Tiosianat (Thiocyanate), Test Kit Nitrit, Test Kit Iodat, Test Kit Oksalat, Test Kit Potassium Bromate (Kalium Bromat) dll. Info detail lihat di LINK WEB TEST KIT SHOP
 
Toggle Footer